Apakah Kamu Pengguna Pertalite? Berikut Fakta tentang Pertalite yang Belum Kamu Tahu

Masyarakat tentu sudah tidak asing dengan berbagai jenis-jenis bahan bakar minyak seperti Premium, Pertamax, dan Pertamax Plus. Kini ini ada bahan bakar minyak jenis baru bernama Pertalite yang ikut meramaikan SPBU. Kalau kamu pemakai Petralite, wajib baca info ini nih!


Bisa dibilang, kendaraan pribadi menjadi transportasi yang mayoritas digunakan masyarakat. Karena begitu banyaknya orang yang mengandalkan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi, maka masyarakat kita tentu sudah tidak asing dengan berbagai jenis-jenis bahan bakar minyak seperti Premium, Pertamax, dan Pertamax Plus. Kini ini ada bahan bakar minyak jenis baru bernama Pertalite yang ikut meramaikan SPBU. Kalau kamu pemakai Petralite, wajib baca info ini nih!

Bahan bakar yang diharapkan ramah lingkungan

Pertalite adalah bahan bakar terbaru yang dikeluarkan Pertamina dengan Research Octane Number (RON) 90. Pemerintah menginginkan masyarakat untuk pelan-pelan hijrah dari premium ke bahan bakar non subsidi. Memang saat ini premium sudah bebas subsidi, tetapi untuk yang dipasarkan ke luar pulau Jawa tetap ada biaya yang harus ditanggung. Padahal, harga harus disamaratakan untuk seluruh wilayah, Hal ini menimbulkan kerugian. Selain dari segi ekonomi, munculnya pertalite juga diharapkan dapat mewujudkan energi yang ramah lingkungan.

Penggunaan pertalite lebih baik daripada premium

Dibandingkan dengan bahan bakar untuk mesin bensin lain yang dimiliki Pertamina, pertalite ada di tengah-tengah. Jika diurutkan dari yang terendah posisi pertama diisi premium dengan RON 88, kemudian pertalite RON 90, pertamax RON 92, dan yang paling tinggi pertamax Plus RON 95. Nilai RON dalam hal ini sangat berpengaruh. Sederhananaya, semakin besar nomor oktan proses pembakaran pada mesin lebih optimal. Ketika proses pembakaran sempurna, kemungkinan mesin untuk knocking semakin kecil dan sisa pembakaran (residu) juga semakin sedikit sehingga mesin jadi lebih awet. Keuntungan lainnya, saat proses pembakaran sempurna kadar emisi atau gas CO yang terbentuk lebih sedikit, otomatis lebih ramah lingkungan.

Harga dan bentuk fisik pertalite

Secara harga tentu saja karena RON nya lebih baik dari premium, harga pertalite ada di atas premium namun lebih murah dari pertamax dan pertamax plus karena nilai RON-nya yang lebih kecil. Nah, selain berbeda dari nilai RON dan harganyanya, pertalite juga punya perbedaan dalam warna. Pertalite punya warna hijau terang yang merupakan gabungan dari warna biru kehijauan yang dimiliki pertamax dan warna kuning dari pewarna tambahan di premium.
Itulah beberapa fakta tentang pertalite. Semoga bermanfaat ya


Sumber : Uc News
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==